Akademikdireksiyonegitimi.com

Blog and Adsense Academy

Ini Dia Beberapa Tanda Tanda Terjadinya Herpes Zoster

5. Mengalami ruam

Salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster dan akan menular adalah penyakit herpes. Herpes ini sebuah penyakit yang unik karakternya dan bandel karena seseorang yang pernah terkena penyakit ini dengan sendirinya akan dapat sembuh tetapi dalam jangka waktu tertentu dapat kambuh kembali. Herpes ini terdiri dari 2 jenis dan salah satunya adalah herpes zoster.

Herpes zoster merupakan sebuah penyakit pada kulit yang terjadi karena adanya infeksi pada saraf dan kulit yang ada disekitarnya. Herpes zoster ini penyebabnya adalah virus yang sama dengan penyebab penyakit cacar air yaitu varisela zoster, sehingga herpes zoster ini juga sering disebut dengan istilah cacar air. Virus ini akan menetap pada sekitar tulang belakang atau bagian dasar dari tulang tengkorak tubuh dan bahkan setelah sembuhnya cacar air, virus ini dikemudian hari akan aktif kembali dan akan menyebabkan herpes zoster. Lalu bagaimana cara untuk dapat mengenali gejala dari herpes zoster ini?

Berikut beberapa tanda tanda terjadinya herpes zoster diantaranya yaitu :

  1. Adanya Rasa Sakit

Pada saat mengalami herpes zoster maka akan mengalaminya rasa sakit berupa rasa panas seperti terbakar atau rasa seperti adanya benda tajam yang menusuk nusuk. Selain itu juga terkadang akan munculnya rasa gatal dan mati rasa pada bagian tubuh yang terkena herpes.

  1. Adanya Bercak Berwarna Kemerahan

Terjadinya herpes zoster juga ditandai dengan adanya bercak berwarna kemerahan pada bagian tubuh yang terkena virus dan akan munculnya bintik bintik gelembung berisi air yang didalamnya itu mirip dengan cacar air dalam waktu 12 hingga 24 jam. Gelembung berisi air ini akan tumbuh pada bagian atas kulit dengan warnanya yang kemerahan dan akan tumbuh secara terus menerus. Gelembung berisi air ini akan berlangsung selama 1 hingga 7 hari dan akan bernanah dan mulai mengering serta dalam beberapa hari akan berubah menjadi koreng. Herpes zoster ini juga gejalanya hanya akan muncul pada satu sisi bagian tubuh yang sesuai dengan saraf yang terinfeksi.

  1. Gejala Awalnya Bervariasi

Selain itu terkadang akan bervariasinya gejala awal dari terjadinya penyakit ini, sebagian kecil dari para penderitanya akan mengalami rasa nyeri tanpa terjadinya ruam. Berikut gejala gejala lainnya dari terjadinya herpes zoster ini seperti demam, sakit kepala, terhadap cahaya akan sensitif, dan akan merasa lelah dan tidak enak badan.

Itulah beberapa tanda tanda terjadinya herpes zoster. Pada umumnya herpes zoster ini bukan tergolong kedalam penyakit yang serius atau akan berakibat fatal dan akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 14 hingga 28 hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *