Akademikdireksiyonegitimi.com

Blog and Adsense Academy

4 Langkah Mengatasi Kulit Kepala Kering Atau Ketombe Pada Bayi

4 Langkah Mengatasi Kulit Kepala Kering alias Ketombe Bayi

Di jaman teknologi semakin canggih dan berkembang ini, tentunya diharapkan bisa mempermudah segala aktivitas manusia sehari-hari, salah satunya adalah untuk mencari informasi yang dibutuhkan oleh kaum wanita. Kalau jaman dulu bunda masih kecil, jika ingin mencari informasi harus menggunakan media cetak (koran, majalah) , media elektronik (tv, radio), namun saat ini bunda bisa mencarinya di internet dengan menggunakan smartphone yang dimiliki. Karena di internet ini bunda bisa mencari situs-situs informasi yang dibutuhkan, seperti situs online khusus wanita. Memang pada saat ini banyak sekali situs-situs online khusus wanita yang menyediakan berbagai informasi seputar wanita, salah satunya adalah situs Popmama. Situs ini diperuntukkan bagi wanita yang sudah menikah. Dimana dalam website ini akan disedikan berbagai artikel tentang seputar bunda dan bayi, misalnya adalah masalah ketombe pada bayi.

Sama halnya dengan orang dewasa, bayi pun bisa mengalami masalah ketombe. Walaupun bentuk ketombenya sedikit berbeda, dimana jika ketombe orang dewasa biasanya berupa sisik putih, sedangkan ketombe pada bayi sering ditandai dengan bentuk seperti kerak yang berwarna putih atau kekuningan yang menempel di kulit kepalanya. Berikut 4 langkah mengatasi kulit kepala kering atau ketombe pada bayi :

  1. Oleskan Minyak Zaitun Atau Minyak Kelapa

Memang keberadaan kerak putih atau kuning yang menempel pada kulit kepala bayi tidak bisa membahayakan jiwa bayi dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Walaupun tidak membutuhkan perawatan khusus, namun banyak para orangua yang merasa risih dengan adanya kerak di kepala bayi tersebut sehingga berusaha untuk menghilangkannya. Sebenarnya untuk menghilangkan kerak tersebut, bunda bisa mengolesi kulit kepala bayi dengan menggunakan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa sembari dipijat secara lembut dan perlahan. Selain itu, bunda juga bisa menggunakan cara lainnya yakni dengan menggunakan baby oil atau petroleum jelly.

  1. Gosok Lembut Guna Meluruhkan Uban

Setelah bunda mengoleskan minyak serta melakukan pijatan pada kulit kepala bayi, lalu diamkan kurang lebih 15-30 menit sampai kerak melunak dan meluruh. Kemudian sikat rambut bayi atau gosok dengan menggunakan kain yang lembut pada kulit kepalanya, dan lakukan cara ini secara bertahap ya bunda. Perlu diingat, bunda tidak usah menggosok atau menyikat dengan sangat keras, karena bisa menyebabkan kulit kepala si kecil akan mengalami iritasi dan luka.

  1. Cuci Rambut Bayi

Lalu setelah menyikat atau menggosok kerak pada kulit kepala bayi, kemudian cuci rambut bayi dengan menggunakan shampo khusus bayi yang lembut dan tidak pedih dimata. Lalu bilas hingga bersih sampai shampo benar-benar tidak ada yang tertinggal di kulit kepala bayi. Karena residu shampo bisa menyebabkan kulit kepala bayi menjadi kerig dan semakin banyak ketombe.

  1. Cuci Rambut Seperlunya

Perlu diketahui bahwa jika terlalu sering mencuci rambut bayi bisa menyebabkan kekeringan pada kulit kepalanya. Dalam hal ini, menurut American Academy of Pediatrics, pada awal kelahirannya, bayi hanya perlu dimandikan 3 kali dalam seminggu, dengan catatan area popok, wajah serta tangan tetap harus dibersihkan secara teratur. Bahkan jika perlu, bunda bisa oleskan tipis-tipis hair lotion guna mencegah kulit kepala bayi kering.

Itulah 4 langkah untuk mengatasi kulit kering atau ketombe di kepala bayi, semoga informasi ini bermanfaat bagi bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *