Akademikdireksiyonegitimi.com

Blog and Adsense Academy

5 Tips Cermat Memilih Rumah Idaman

perabotan rumah tangga _ Kredivo

Harga rumah yang kian tahun kian tinggi menjadi salah satu pertimbangan untuk memilikinya sesegera mungkin. Bahkan bukan tidak mungkin, demi mendapatkan rumah idaman, beberapa orang harus mengajukan pinjaman tunai untuk booking rumah yang diinginkannnya.

Meskipun pemerintah sudah memiliki program rumah murah atau rumah bersubsidi, adakalanya lokasi dan aksesnya kurang memungkinkan sehingga tetap harus mencari lokasi rumah yang benar-benar sesuai dengan harapan.

Keputusan memilih rumah adalah hal yang sangat krusial. Oleh karena itu, agar tidak menjadi korban oknum pengembang yang tidak bertanggung jawab, berikut ini adalah beberapa tips memilih rumah idaman yang perlu diperhatikan:

  1. Ukur Kemampuan Finansial

Urusan rumah memang akan menggerus pendapatan bulanan dengan porsi yang tidak sedikit. Belum lagi kamu harus menyiapkan sejumlah uang untuk DP dan beberapa administrasi yang harus dibayarkan di awal transaksi.

Jadi, pastikan dulu berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk biaya awal kepemilikan rumah serta angsuran bulanan yang harus dibayarkan. Lebih baik lagi jika bunga KPR adalah bunga tetap sehingga akan lebih mudah untuk mengatur anggaran keuangan bulanan.

  1. Usahakan Punya Riwayat Keuangan yang Baik

Untuk mendapatkan pinjaman dari Bank dengan mudah, pastikan tidak memiliki riwayat keuangan bermasalah dengan bank manapun juga. Bank biasanya melakukan pemeriksaan riwayat keuangan calon konsumen dengan BI checking.

Salah satu rasio utang yang harus dipegang agar mendapatkan persetujuan, pastikan bahwa angsuran bulanan tidak melebihi dari 30 persen penghasilan. Disinilah kemampuan perhitungan kamu diuji sejak awal. Pastikan memperhitungkannya dengan benar termasuk saat menggabungkan pendapatan dengan pasangan agar peluangnya makin besar.

  1. Pastikan Legalitasnya Aman

Agar tidak menjadi korban, pastikan legalitas tanah dan rumah aman. Memiliki berbagai kelengkapan seperti surat hak milik dan surat hak guna bangunan. Dengan begitu kamu bisa membeli tanpa rasa khawatir di kemudian hari akan terjadi gugatan dari pihak ketiga.

  1. Jangan Mudah Tergiur Diskon dan Bujuk Rayu Sales Rumah

Jangan mudah terbujuk dengan rayuan maupun iklan pengembang. Usahakan untuk mengumpulkan berbagai informasi tentang harga tanah dan rumah disekitarnya sebagai bahan pertimbangan. Perhitungan sederhana, bisa berpatokan pada harga NJOP tanah di sekitarnya. Dengan begitu, kamu membeli rumah dengan harga yang pas.

  1. Manfaatkan KPR dengan Bunga Rendah

Bunga KPR berbeda-beda antara bank yang satu dengan bank yang lainnya. Sebelum mengajukan pinjaman ke bank, lakukan riset dulu untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing bank utamanya soal bunga.

Pilihlah bank yang menawarkan bunga rendah dan tetap selama masa angsuran. Jika memang memungkinkan kondisi finansial belum begitu baik, belilah rumah subsidi yang memiliki DP ringan dengan bunga KPR tetap.

Rumah bersubsidi biasanya dibangun dengan luas bangunan yang terbatas. Jika sudah punya rencana untuk renovasi rumah, kamu bisa melakukannya segera setelah menempati rumah. Soal dana, bisa ajukan pinjaman tunai dari Kredivo.

Kredivo tidak hanya memberikan kemudahan dalam belanja online tapi juga pinjaman instan langsung dari aplikasi dengan syarat mudah dan proses yang cepat.

Bunga cicilan pinjaman tunai Kredivo terjangkau hanya 2,95% saja per bulan dengan biaya admin di muka sebesar 6% dari total pinjaman. Tenor yang ditawarkan yaitu 30 hari untuk pinjaman mini dan 3,6 bulan untuk pinjaman jumbo.

Kredit limit yang diberikan hingga Rp30 juta. Plafon yang bisa dipilih mulai dari Rp500 ribu hingga batas kredit yang diberikan. Manfaatkan pinjaman tunai dengan bijak untuk renovasi rumah jika dibutuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *