Akademikdireksiyonegitimi.com

Blog and Adsense Academy

Ini Mengapa Honda Jazz Lebih Unggul Daripada Yaris

Di bagian belakang, Honda Jazz RS mendapat desain bumper baru dengan sentuhan diffuser. Sementara di sisi samping dynamic side skirt membuat mobil semakin berjiwa muda. Untuk kaki-kakinya dilengkapi dengan ban berukuran 185/55 R16. Tak hanya di bagian eksterior, bagian kabin juga kini diberi sentuhan baru.

Masuk ke kabin, Anda langsung disambut layar sentuh terbaru berukuran 8 inci dengan model yang mengambang. Head unit ini sudah dilengkapi dengan fitur telephone, audio bluetooth serta audio visual. Selain itu, fitur pendingin otomatis pun kini telah tersedia dengan panel digital.

Fungsinya mirip seperti kepunyaan Mobilio ataupun Brio RS. Kesan sporty juga semakin kental dengan aksen jahitan oranye di bagian jok, lingkar kemudi, console box dan shift knob khusus di varian RS. Untuk mesin, Honda Jazz menggunakan mesin empat silinder segaris, 16 valve dan drive by wire berkapasitas 1.497 cc dengan tenaga terbesar di kelasnya 120 ps @ 6.600 rpm dan torsi 145 Nm @ 4.600 rpm.

Selama perjalanan, mulai dari menginjak gas dengan lembut, maupun berpindah jalur untuk menyalip, terasa setiap perpindahan transmisi yang menggunakan CVT ini sangat halus. Saat berpindah jalur, setir yang komunikatif menjadikan perputarannya terasa lebih real dan cepat mengikuti kemauan sang pengemudi.

Begitu pun pada saat menggunakan transmisi mode sport, terasa begitu agresif berkat ruas puli-puli pada transisi CVT terasa begitu rapat. Hal ini memberikan sensasi sebagai pembalap di Sirkuit Sentul. Pergerakan suspensi yang stiff dan rigid membuat terasa lebih keras, namun cukup nyaman bantingannya terasa empuk saat melalui speedbump.

Di sisi lain, New Toyota Yaris mulai mengancam posisi harga Honda Jazz. Meski baru meluncur pada Februari 2018, penjualan per bulan sudah mampu melebihi musuh bebuyutannya itu.

Strategi Toyota kali ini jitu karena perubahan yang terjadi sangatlah tepat, tanpa banyak kenaikan harga. Membuat harga Honda Jazz jadi tertinggal di beberapa aspek.

Namun dua mobil ini memperlihatkan keunggulan tersendiri yagn tidak dimiliki satu sama lain. Harga Honda Jazz RS Rp 266 juta (manual) dan RpĀ  276 juta (CVT), Toyota Yaris TRD senilai Rp 264,1 juta (manual) dan Rp 275,9 juta (CVT).

Honda Jazz selalu memiliki desain atraktif yang mudah diterima berbagai kalangan dan genre. Rancangannya memang tidak murni hatchback karena lebih megnarah bentuk small MPV.

Namun selalu terlihat menarik dengan postur serba propsional. Tak ayal disukai para kaum muda, baik pria maupun wanita dan acap menjadi bahan modivikasi.

Jazz RS facelift yang diluncurkan tahun lalu, semakin berwujud sporty berkat penerapan body kit, rear diffuser dan spion berkelir hitam.

Kelebihan lain Jazz dari Yaris berasal dari dalam kabin. Sangat lega untuk ukuran compact hatchback karena pendekatan MPV. Ruang kepala, kaki hingga bagasi berlimpah ruah.

Makanya Jazz juga cocok menjadi mobil keluarga kecil karena keunggulan akomodasinya. Terlebih lagi, fleksibilitas jok yang disebut Ultra Seat masih ada sampai Jazz sekarang.

Seluruh kursi mudah diatur dalam beberapa posisi untuk disesuaikan kebutuhan. Paling menarik, dudukan jok belakang yang dapat dilipat ke atas.

Bagasinya pun mudah menampung empat koper berukuran besar. Yaris jelas kalah soal fungsional kabin. Soal fitur, keduanya punya sisi plus dan minus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *